Higiene Sanitasi

0

Menjaga kebersihan daerah sekitar payudara diharapkan dapat mengurangi kejadian kanker payudara, termasuk kebersihan pakaian dalam. Mengenai hubungan yang pasti dalam hal ini belum adekuat. Kemungkinan higienitas berperan dalam mencegah infeksi yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.

 

Pemilihan pakaian dalam, dalam hal ini bra, sedikit banyak berhubungan dengan kejadian kanker payudara. Bra yang digunakan sebaiknya terbuat dari bahan yang nyaman digunakan dan dapat menyerap keringat, serta memiliki ukuran yang sesuai. Bra yang terlalu kecil dapat memberikan tekanan pada payudara dan apabila tekanan ini berlangsung terus-menerus dapat mempengaruhi perkembangan sel-sel kanker.

 

Hal lain yang dapat memicu timbulnya kanker payudara adalah penggunaan deodoran dan antiperspiran yang seringnya digunakan pada daerah sekitar payudara. Deodoran dan antiperspiran diduga mengandung bahan berbahaya yang dapat terserap apabila ada kulit yang terluka, misalnya setelah bercukur.

 

Bahan aktif dalam antiperspiran mengandung aluminium. Aluminium ini jika masuk dalam tubuh akan memberikan efek seperti hormon estrogen. Hormon estrogen memiliki kemampuan untuk memicu pertumbuhan kanker payudara, para ahli juga mengganggap aluminium dalam antiperspiran juga berperan sama.

About author

No comments

Dewasa

Hindari trauma Hindari tindakan memanipulasi payudara yang dapat mengakibatkan payudara luka atau lecet karena selain bisa mengakibatkan infeksi juga bisa menimbulkan kerusakan pada sel-sel payudara ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann