Gejala Klinis

0

Salah satu cara untuk mencegah akibat dari tumor atau kanker payudara maka kita perlu mendeteksi apakah tubuh kita menunjukkan keluhan dan tanda-tanda dari tumor atau kanker itu. Mendeteksi tumor atau kanker payudara ini bisa dilakukan dengan melihat (inspeksi) dan meraba (palpasi) yang bisa dilakukan sendiri (sarari) atau oleh tenaga medis atau dokter, selain itu juga dapat dilakukan berbagai pemeriksaan penunjang sebagai alat diagnosa. Keluhan dan tanda yang dapat dirasakan dan dilihat bisa berupa :

 

  • Benjolan

Benjolan di payudara  merupakan keluhan subyektif yang paling sering mendorong seseorang untuk datang ke dokter. Sebenarnya benjolan ganas yang kecil sukar dibedakan dengan benjolan tumor jinak sehingga perlu diperiksa lebih lanjut. Umumnya, pada tumor ganas konsistensinya keras dan melekat erat, batas tidak jelas, pada kulit payudara tampak cekungan, tunggal, tidak terdapat benjolan yang sama pada payudara yang lain, dan bisa disertai keluarnya cairan yang tidak normal dari puting susu (nipple discharge). Sedangkan tumor jinak umumnya konsistensinya lebih kenyal atau lunak, mudah digerakkan, jamak, ada benjolan yang mirip pada payudara yang lain, benjolan menghilang setelah masa menstruasi selesai . Pada tumor ganas juga dapat timbul benjolan pada daerah di sekitar payudara terutama ketiak.

 

  • Nyeri

Tumor jinak dan tumor ganas umumnya tidak nyeri kecuali kalau ada proses keradangan (inflamasi) atau apabila terjadi penyebaran (infiltrasi) ke sekitar sudah mulai.

 

  • Keluarnya cairan (Nipple discharge)

 Nipple discharge adalah keluarnya cairan dari puting susu secara spontan dan tidak normal. Cairan yang keluar disebut normal apabila terjadi pada wanita yang hamil, menyusui dan pemakai pil kontrasepsi. Seorang wanita harus waspada apabila dari puting susu keluar cairan berdarah cairan encer dengan warna merah atau coklat, keluar sendiri tanpa harus memijit puting susu, berlangsung terus menerus, hanya pada satu payudara (unilateral), dan cairan selain air susu.

 

  • Perubahan kulit

Perubahan kulit yang paling khas adalah gambaran seperti kulit jeruk (peau d oranges) yang didapatkan pada kanker payudara. Selain itu, kulit juga dapat terlihat kemerahan apabila terjadi keradangan. Pada kanker yang sudah berlangsung lama dapat timbul tukak (ulkus)    

 

  • Kelainan puting atau areola

Kelainannya berupa retraksi atau penarikan puting susu akibat proses di bawah areola atau gejala kanker payudara.

 

Keluhan dan tanda-tanda yang lain bisa berupa keluhan di tempat lain seperti pembengkakan pada lengan dan akibat dari penyebaran jauh (metastasis jauh) ke organ-organ tubuh  yang lain.

About author

No comments

Herbal

Ramuan tradisional/herbal ada umumnya bersifat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah dan melawan sel kanker, tetapi ada juga yang bisa membunuh sel kanker secara langsung, ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann