Finacial and Legal Issues

0

Diagnosa kanker tidak hanya akan mempengaruhi fisik dan emosional Anda, tetapi juga berpengaruh pada keuangan Anda. Setelah Anda menderita kanker, Anda harus merencanakan anggaran bagi pengobatannya dan terkadang biaya yang diperlukan tidak sedikit. Anda mungkin khawatir mengenai kondisi keuangan keluarga Anda karena biaya yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari pun masih terasa memberatkan, belum lagi harus membiayai pengobatan Anda. Kebanyakan orang memilih tidak melanjutkan terapinya karena tidak memiliki biaya. Mereka berpikir bahwa lebih baik menggunakan uangnya untuk hal lain seperti menyekolahkan anak atau memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

 

Memang benar bahwa Anda berhak memutuskan untuk menghentikan pengobatan Anda dan memilih menggunakan uang Anda untuk hal lain. Tetapi janganlah putus asa jika karena mungkin ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap dapat melanjutkan pengobatan kanker tanpa mengabaikan biaya untuk kehidupan sehari-hari. Anda dapat mengatur ulang kondisi keuangan Anda. Mungkin selama ini ada pengeluaran yang kurang efektif, Anda dapat menyisihkan anggaran pengeluaran tersebut untuk pengobatan Anda.

 

Jika Anda tidak dapat mengurangi pengeluaran, hal yang dapat Anda lakukan adalah menambah pemasukan. Anda dapat mencari pekerjaan tambahan baru. Mungkin Anda berpikir bahwa kanker menghalangi Anda untuk bekerja, namun jika jeli melihat peluang Anda akan menemukan beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa harus memerlukan tenaga yang cukup besar. Sebagai contohnya, Anda mungkin dapat melakukan penjualan dengan hanya duduk di rumah yaitu melalui internet. Sebenarnya jika Anda kurang menyukai hal ini, Anda tetap dapat mencari pekerjaan di dunia nyata. Ada beberapa pekerjaan yang tidak terlalu memberatkan. Sebelum Anda melamar suatu pekerjaan, berusahalah untuk mengenali batas kemampuan Anda sendiri dan bersiaplah untuk jujur bahwa Anda memang sedang menderita kanker.

 

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan biaya bagi pengobatan Anda adalah dengan memanfaatkan jasa asuransi kesehatan. Untuk Anda yang bekerja di suatu lembaga atau perusahaan tertentu, mungkin Anda dapat mengklaimkan biaya pengobatan Anda. Terkadang ada lembaga atau perusahaan yang masih mau membiayai pengobatan bagi pegawainya yang sudah pensiun sekalipun. Bagi Anda yang memang benar-benar tidak mampu secara finansial, pemerintah memiliki anggaran dana kesehatan dan mungkin Anda memang berhak menggunakannya.

 

Memang lebih baik untuk merencanakan anggaran dari awal. Sebelum Anda sakit, ada baiknya Anda menyisihkan sebagian uang Anda untuk dana kesehatan. Anda mungkin dapat berkonsultasi dengan ahli keuangan mengenai cara mengatur keuangan Anda di saat penghasilan Anda mungkin hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jangan sampai biaya menghalangi pengobatan Anda karena terkadang akan lebih fatal akibatnya jika Anda seorang pencari nafkah dan tidak dapat lagi mencari nafkah akibat kanker.

About author

No comments

Kecemasan dan Ketakutan

Penderita kanker sering merasa takut dan cemas selama masa pengobatan dan penyembuhan. Bagi kebanyakan penderita kanker, diagnosis dan kekambuhan adalah penyebab utamanya. Takut terhadap pengobatan, ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann