Festival Musim Gugur di Dunia (Jepang)

0

Di Indonesia, kita memang hanya mengenal dua musim, yaitu musim kemarau (musim panas) dan musim hujan. Banyak wisatawan yang melancong ke luar negeri demi mengenal dan merasakan dua musim lain yang tidak pernah mereka rasakan di Indonesia. Musim dingin yang bersalju dan musim gugur yang romantis adalah musim-musim favorit untuk melakukan perjalanan wisata ke luar negeri.Karena saat ini kita ada di bulan Oktober, mari kita bicarakan musim gugur nan romantis.

Musim gugur sangat banyak dinantikan orang-orang dari berbagai negeri, bahkan beberapa Negara mengadakan festival-festival budaya untuk menyambut datangnya musim ini, tak terkecuali Jepang.

Festival yang paling sering disebut-sebut adalah Festival Bulan Purnama atau Tsukimi Festival. Jika di musim semi, orang-orang Jepang tua muda akan piknik di bawah pohon bunga sakura, maka ketika festival bulan purnama mereka akan berkumpul untuk memandangi indahnya bulan purnama dan merayakan panen di musim gugur. Malam romantis dengan cahaya bulan yang terang, duduk-duduk di tepi danau, di teras rumah, di balkon kamar, bersama banyak orang, bersama keluarga atau teman, bisa juga bersama pasangan.

Suguhan yang biasanya ada di setiap festival bulan purnama adalah Mochi. Sebuah kue kecil terbuat dari ketan yang ditumbuk kemudian diisi berbagai macam filling. Dulu, mochi yang disajikan di festival ini dibuat di hampir semua rumah di Jepang, namun seiring semakin modernnya zaman dan semakin sedikitnya waktu, mochi bisa dibeli di kedai makanan tradisional (daifuku) atau bahkan bakery di Jepang. Selain mochi dan dango (kue beras) yang sudah mendunia rasanya, makanan lain yang juga merupakan hasil panen musim gugur juga akan disajikan, seperti olahan labu dan chestnut.

Melihat bulan juga tidak lengkap rasanya tanpa kehangatan minuman keras khas Jepang. Tentu saja sake akan disajikan bersama mochi dan makanan khas lainnya, namun beberapa orang juga akan menikmati teh hijau hangat untuk menetralkan rasa manis dari mochi. Bahkan beberapa penyuka dan penggiat pesta teh tradisional akan menyelenggarakan upacara minum teh, khusus untuk perayaan Festival Tsukimi.

Apapun yang disantap dan bersama siapapun dilakukan, festival bulan purnama adalah sebuah festival yang ditujukan untuk menikmati keindahan musim gugur yang datang kembali membawa keindahannya. Musim gugur yang membawa keindahan pemandangan daun momiji yang memerah dan ketika berguguran akan memerahkan tanah dibawahnya. Musim semi adalah musim yang hangat dan cantik, namun keelokan yang dibawa musim gugur juga tak kalah menarik. Bagi Anda yang ingin bersama menikmati keindahan musim gugur di Jepang bisa datang berkunjung di sekitar bulan September hingga Desember.

 

oleh: nidia

About author

No comments

Tumor dan Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu bentuk tumor yang ada di payudara. Dalam arti luas tumor hanyalah merupakan suatu benjolan atau pembengkakan pada bagian tubuh. Tumor ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann