Faktor Resiko Tidak Dapat Diubah

0

Faktor resiko yang tidak dapat diubah, antara lain :
• Usia
Resiko kanker payudara meningkat dengan bertambahnya usia seorang wanita. Sekitar 77% wanita dengan kanker payudara berumur lebih dari 50 tahun pada awal diagnosis dan pada wanita yang berumur antara 20-29 hanya 0.3%. 

• Genetik
Perubahan (mutasi) gen bisa menyebabkan perubahan sel normal menjadi sel kanker. Beberapa penelitian menunjukkan hampir 10% kejadian kanker payudara adalah bersifat herediter. Pada permukaan dari sel terdapat sutu gen yang disebut HER2(Human Epidermal Growth Factor Receptor 2) yang berperan mengatur pertumbuhan sel. Apabila terjadi perubahan pada HER2 maka akan diproduksi HER2 yang berlebihan yang akhirnya dapat menyebabkan sel-sel menjadi agresif dapat menjadi awal terjadinya kanker. Perubahan (mutasi) dari gen p53 bisa juga menjadi faktor resiko kanker payudara. Pada wanita dengan kanker payudara stadium dini apabila ditemukan mutasi p53 pada pemeriksaannya maka prognosis untuk menjadi kanker stadium lanjut lebih besar dibandingkan yang hasil testnya negatif. 

• Riwayat Penyakit Dahulu
Wanita yang pernah menderita kanker payudara pada salah satu payudaranya kan mempunyai resiko 75% mengalami kanker pada payudara yang lain. 

• Riwayat Penyakit Keluarga
Apabila seorang wanita memiliki keluarga sedarah dari orangtuanya yang memiliki kanker payudara maka resiko terjadinya kanker payudara pada dirinya akan meningkat dan menjadi dua kali lipat bila terhadi pada saudara atau ibu kandung. Kondisi keluarga yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara antara lain :
– Dua atau lebih saudara yang menderita kanker payudara atau mulut rahim
– Keluarga (ibu, saudara sekandung, nenek, bibi) yang memiliki kanker payudara sebelum berusia 50 tahun.
– Keluarga dengan kanker payudara dan mulut rahim
– Keluarga yang berjenis kelamin laki-laki yang menderita kanker payudara

• Riwayat menstruasi
Wanita yang menstruasi pertama kali (menarche) pada usia kurang dari 12 tahun dan menopause setelah usia 55 tahun meningkatkan resiko kanker payudara.

About author

No comments

Seksualitas dan Kanker

SEKSUALITAS DAN KANKER   Hubungan antara manusia yang saling mengasihi menyangkut hubungan seksual. Ingatlah bahwa termasuk didalamnya manusia membutuhkan perhatian, kehangatan, dan kedekatan fisik maupun ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann