Efek Jangka Panjang Pengobatan

0

Idealnya, Anda memiliki kesempatan untuk mendiskusikan semua kemungkinan efek jangka panjang pengobatan Anda, sebaik efek jangka pendek, dengan dokter atau perawat. Sayangnya, kebanyakan orang merasa informasi ini tidaklah terlalu penting karena orang berpikir bahwa hal tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat di samping karena sudah begitu banyak informasi lain yang harus diketahui sehubungan dengan kanker. Padahal, informasi ini diperlukan karena apa pun bentuk pengobatan yang Anda jalani akan mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan Anda. Hal yang paling sering dijumpai sebagai efek jangka panjang pengobatan kanker adalah kelemahan dan kelelahan.

Setelah pengobatan kanker, kabanyakan orang akan merasa lemah untuk beberapa waktu, dari beberapa minggu hingga ada yang mencapai tahunan. Merupakan hal yang wajar untuk merasa lemah dan lelah setelah menjalani pengobatan kanker sekian lama. Meskipun jika Anda tidak merasa lemah dan lelah, Anda mungkin menemukan bahwa Anda kehilangan energi dan membuat Anda tidak dapat melakukan suatu pekerjaan semudah sebelumnya. Kekurangan energi ini dapat membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkannya. Perasaan lelah atau pun kehilangan energi ini tidaklah terlalu mengganggu seperti rasa nyeri akibat efek samping pengobatan. Walaupun demikian, orang dapat menjadi frustasi ketika mereka ingin mendapatkan kembali kehidupan normalnya namun mendapati dirinya merasa terlalu lemah atau tidak punya energi.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat Anda lakukan meskipun Anda mengalami rasa lemah, lelah, atau pun kehilangan energi setelah Anda menjalani pengobatan. Anda sebaiknya mampu menerima kenyataan bahwa kini tubuh Anda telah mengalami perubahan, namun Anda tetap dapat melibatkan diri dalam berbagai kegiatan meskipun mungkin Anda harus beristirahat di antara kegiatan-kegiatan Anda. Kenalilah batas kemampuan diri Anda sendiri. Janganlah memaksakan diri melakukan hal yang tidak mampu Anda lakukan dan jangan ragu meminta bantuan orang lain di sekitar Anda

About author

No comments

Diagnosa Kanker Umum

Diagnosa kanker umum dibagi mnejadi :  Patologi Anatomi FNA-B Radiologi Kimia, Patologi Klinik Lainnya
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann