Efek Emosional Akibat Kanker

0

Kanker dapat berdampak perubahan emosional pada kebanyakan orang. Demikian juga yang dialami oleh orang tua yang menderita kanker. Ada beberapa penyebab perubahan emosional pada orang tua yang tidak dialami oleh orang yang lebih muda, seperti penurunan kemampuan pendengaran dan penglihatan serta kemampuan mengingat.

Awalnya Anda mungkin Anda merasa Anda dapat menerima semua informasi bahwa Anda menderita kanker. Namun kemudian Anda menyadari bahwa tidak demikianlah kenyataannya. Tidak semua informasi tentang kanker yang Anda terima. Anda melihat bahwa bibir dokter bergerak-gerak mengatakan sesuatu, tapi Anda tidak mendengar suaranya. Anda merasa hanya mendapat sebagian kecil informasi dan Anda terus mengulang pertanyaan yang sama. Jangan ragu untuk mengulang pertanyaan jika Anda memang belum mendapat jawaban yang Anda inginkan.

Untuk mengatasi sifat pelupa Anda, Anda dapat mencatat apa yang ingin Anda tanyakan. Catatlah juga informasi yang telah Anda terima tentang kanker. Atau Anda dapat mengajak orang lain mendengarkan informasi untuk membantu mengingatkan Anda di kemudian hari. Jika Anda mengalami penurunan kemampuan penglihatan, Anda dapat meminta dokter atau keluarga menuliskan hal-hal penting sehubungan kanker dengan huruf yang lebih besar.

Apa yang Anda rasakan tentang kanker mungkin dapat berupa ketakutan, kemarahan, kesedihan, atau depresi. Terkadang Anda juga merasa panik dan mengalami beberapa gejala fisik seperti bernafas lebih cepat dan pendek, tergoncang, sesak, berdebar-debar, berkeringat, mulut kering, atau merasa tidak enak badan dan mual. Jika hal ini terjadi pada Anda, waspadalah bahwa Anda mengalami syok.

Perasaan Anda akan menjadi lebih baik jika Anda belajar menerima kenyataan bahwa tidak saja Anda menderita kanker, tetapi menyadari bahwa usia Anda juga mempengaruhi kehidupan Anda dan jika keduannya digabung mungkin memang akan memperparah keadaan. Anda mungkin membutuhkan waktu untuk menerimanya dan bantuan orang lain untuk mendiskusikannya.

About author

No comments

Finacial and Legal Issues

Diagnosa kanker tidak hanya akan mempengaruhi fisik dan emosional Anda, tetapi juga berpengaruh pada keuangan Anda. Setelah Anda menderita kanker, Anda harus merencanakan anggaran bagi ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann