Diagnosis

0

Diagnosis tumor atau kanker payudara dapat diperoleh dengan :

  1. Pemeriksaan Payudara Sendiri

      Pemeriksaan ini dapat dilakukan sejak seorang wanita mulai usia subur. Dilakukan setiap 1 minggu setelah hari pertama menstruasi. Setiap ketidaknormalan yang muncul harus segera diperiksakan ke klinik.

 

  1. Pemeriksaan Payudara oleh tenaga kesehatan

      Wanita yang sudah mencapai usia sekitar 20-30 tahun dianjurkan untuk memeriksakan payudaranya secara teratur di klinik oleh tenaga kesehatan, setidaknya setiap 3 tahun. Setelah umur 40 tahun, seorang wanita sebaiknya memeriksakan payudaranya di klinik setiap tahun.

 

  1. Pemeriksaan dengan alat penunjang

Pemeriksaan yang paling sering digunakan untuk mendeteksi adalah dengan mammogram. Selain itu mammogram juga dapat digunakan sebagai alat diagnosis. Pemeriksaan radiologi yang lain adalah dengan Nuclear medicine, CT scan, dan USG. Pemeriksaan penunjang lain yang dapat digunakan adalah dengan pemeriksaan patologi anatomi dengan sitologi, potong beku (vriescoupe), immunohistokimia, dan histopatologi, pemeriksaan biopsi dengan jarum halus (FNAB), dan pemeriksaan kimia klinik serta tumor marker.

About author

No comments

Makan Siang Turunkan Berat Badan

Makan siang ternyata membantu menurunkan berat badan. Study terbaru mengungkapkan menjadikan makan siang sebagai makanan utama dan mengasupnya sebelum pukul 15.00 bisa menjadi alternatif diet. ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann