Deteksi Dini Kanker Umum

0

Sangatlah penting untuk seseorang mengetahui apakah dirinya memiliki faktor resiko terkena kenker atau tidak. Beberapa jenis kanker lebih mudah untuk diterapi dan disembuhkan bila ditemukan pada stadium yang lebih dini. Banyak jenis dari kanker, tapi kebanyakan kanker dimulai dari pertumbuhan sel yang tidak normal yang bertumbuh di luar batas dan membentuk sebuah gumpalan (yang disebut tumor). Tumor tersebut dapat terus tumbuh sampai sel-sel kanker itu menyebar ke bagian tubuh yang lain. Jika tumor tersebut ditemukan pada saat masih berukuran kecil, dan belum menyebar, penyembuhannya akan lebih mudah. Bagaimanapun, semakin lama pertumbuhan tumor tersebut diabaikan, semakin besar kesempatan kanker itu untuk menyebar. Hal ini menyebabkan terapi lebih sulit.

Tergantung dari usia dan faktor resiko yang ada pada diri seseorang, dokter akan memulai skrining berdasarkan tipe-tipe tertentu kanker. Faktor-faktor resiko tersebut dapat berupa:

 

  1.  Menggunakan produk tembakau, misal merokok 
  2. Minum alkohol
  3. Makan makanan yang tinggi lemak hampir seumur hidup
  4. Terpapar bahan yang dapat menyebabkan kanker
  5. Beresiko untuk terkena kanker kulit

Melakukan deteksi dini atau skrining berarti mencari kanker itu sebelum muncul gejala-gejala. Beberapa dokter merekomendasikan kepada orang-orang yang beresiko tinggi atau yang memiliki riwayat kanker dalam keluarganya untuk melakukan skrining kanker secara teratur.

About author

No comments

Radiasi dari Luar

Terapi radiasi dari luar / radiasi eksternal / teletherapy merupakan salah satu bentuk radioterapi yang paling sering digunakan  dengan mesin X_Ray yangdisebutlinear accelerator menembakkan radiasi dari ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann