Depresi

0

Depresi sering diabaikan pada penderita kanker. Stres oleh karena menderita kanker menyebabkan banyak orang merasa sedih dan tertekan. Terkadang hal ini hanya berlangsung dalam jangka waktu singkat. Bagaimanapun perasaan tersebut bisa berkepanjangan dan membuat seseorang tidak bisa menikmati hidupnya. Orang tersebut mungkin menderita depresi yang dapat menyebabkan kesulitan dalam beradaptasi menghadapi kanker.

 

Beberapa orang berasumsi bahwa jika orang menderita kanker, orang tersebut pasti depresi. Sebenarnya hanya 1 dari 4 orang yang menderita kanker yang terkena depresi. Mereka yang mendapat pengobatan sering terkejut dengan besarnya perbaikan yang mereka alami.

 

Terkadang sulit untuk mengatakan gejala yang muncul karena kanker maupun terapinya dapat menyebabkan gejala yang mirip depresi, seperti penurunan nafsu makan, perubahan berat badan, dan kelelahan. Dokter harus melihat ke belakang mengenai gejala yang muncul jika depresi adalah masalahnya. Banyak cara untuk mengatasi depresi. Pengobatan dapat membantu anda memperoleh kembali kegembiraan, harapan, dan kemampuan beradaptasi.

 

Di bawah ini adalah tanda dan gejala depresi :

  • Anda merasa sedih dan kosong sepanjang hari hampir setiap hari
  • Anda hanya mengalami sedikit atau tidak ada kesenangan pada hari-hari anda
  • Anggota keluarga atau teman telah membuat pernyataan tentang kesedihan anda
  • Anda merasa marah sepanjang hari hampir setiap hari
  • Anda menangis hampir setiap saat
  • Anda merasa tidak berharga atau tidak berpengharapan
  • Anda berpikir untuk bunuh diri
  • Anda pernah menyakiti diri sendiri atau mencoba bunuh diri

 

Wajar jika anda mempunyai beberapa gejala di atas dalam jangka waktu pendek setelah anda mengetahui anda menderita kanker. Bagaimanapun, hal ini berarti anda mempunyai resiko terkena depresi. Anda dapat menyampaikannya pada dokter, perawat maupun tim medis yang membantu anda. Apabila gejala berlangsung selama 2 minggu atau lebih, atau dengan cepat bertambah berat, temui dokter atau ahli jiwa untuk diperiksa apakah anda terkena depresi. Mencari bantuan tidak berarti anda mempunyai sakit jiwa.

 

Depresi juga dapat disebabkan oleh stres karena merawat seorang penderita kanker dan persoalan hidup yang disebabkan oleh diagnosis kanker. Depresi dapat muncul pada seseorang dengan riwayat depresi pada keluarga, ataupun dengan alasan yang tidak jelas.

 

Bila anda berpikir untuk bunuh diri, pernah mencoba bunuh diri atau menyakiti diri sendiri, anda mungkin mengalami depresi berat, segera cari bantuan orang lain sekitar anda dan temui dokter!

About author

No comments

Vagina Toilet Ananto

“Vagina Toilet Ananto” adalah istilah/nama yang diberikan oleh Dr. Ananto Sidohutomo, MARS. terhadap serangkaian kegiatan berupa standart operasional proscedure bagi upaya membersihkan organ intim pada ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann