CT Scan

0

CT scan (Computerized Tomography) merupakan alat imaging yang menggunakan sinar X. Alat ini mula-mula digunakan untuk mengetahui kelainan-kelainan pada otak. Tetapi dengan perkembangannya alat ini dapat dipakai untuk mendeteksi kelainan-kelainan seluruh tubuh termasuk payudara. Dengan CT Scan akan lebih banyak penyakit-penyakit yang dapat terdeteksi dimana dengan alat imaging konvensional tidak dapat terlihat.

Pada pemeriksaan CT scan, pasien akan berbaring pada meja yang bergerak dan melewati mesin yang bentuknya seperti donut. Tabung sinar-X dalam CT scan mengeluarkan sinar dalam bentuk bidang tipis, tebal tipisnya adalah menurut tebal tipis irisan yang dikehendaki. Sambil mengeluarkan sinar-x, tabung juga bergerak mengelilingi tubuh penderita bersama dengan detektor yang mencatat sinar-x yang telah melalui tubuh penderita. Data yang diperoleh akan diproses dan diolah oleh sistem computer menjadi sejumlah harga densitas. Irisan yang digambarkan oleh alat display dalam bentuk grey scale dua dimensi. Jaringan dengan densitas tinggi berarti mempunyai nilai skala yang tinggi dan menghasilkan warna putih. Jaringan dengan densitas rendah akan menghasilkan warna hitam. Seringkali diperlukan pemberian kontras media pada pemeriksaan CT scan untuk melihat sifat jaringan patologis terhadap penyerapan kontras serta bagaimana vaskularisasi pada jaringan patologis.

CT scan tidak rutin digunakan untuk mengevaluasi payudara. Apabila seorang pasien memiliki kanker payudara yang besar, biasanya akan dilakukan CT scan untuk menentukan apakah kanker tersebut dapat dioperasi atau tidak dapat dioperasi karena sudah menyebar ke dinding dada. CT scan juga dapat digunakan untuk mengevaluasi kelenjar getah bening, paru, hati, otak, tulang belakang, atau daerah yang lain dengan detail terutama pada kasus metastasis. CT scan juga digunakan secara periodik selama perawatan untuk mengevaluasi respon pengobatan.

Kelebihan pemeriksaan dengan CT scan adalah pemeriksaannya relatiif mudah, relatif aman, dan akurasi yang tinggi. Kekurangan CT scan adalah logam membuat gambaran artefak dan mempunyai efek samping radiasi. CT scan dapat juga memeriksa berbagai organ untuk melihat apakah pada organ tersebut terjadi metastasis dari kanker payudara.  

About author

No comments

Akupuntur

Akupunktur adalah suatu bentuk pengobatan tradisional dari Cina dimana jarum yang steril ditempatkan pada area tertentu tubuh (acupoints) untuk menstimulasi aliran energi (chi). Biasanya jarum ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann