Coping and Prevention

0

Waspadalah jika orang yang Anda sayangi mengucapkan kata-kata yang salah atau tidak sesuai kondisi serta menunjukkan muka gembira di saat ia sebenarnya tidak sedang merasa gembira. Hal ini mungkin adalah salah satu cara untuk melindungi orang yang mereka sayangi ataupu dirinya sendiri dari perasaan yang menyakitkan. Beberapa orang mempercayai bahwa penderita kanker dapat meningkatkan hasil pengobatannya dengan menjadi orang yang gembira setiap saat. Bagaimana pun juga, penderita kanker akan merasa bersalah jika mereka sedih dan menangis, mereka akan berusaha tetap gembira meskipun merasa kesakitan.

 

Jika hal ini terjadi, cobalah katakan kepadanya bahwa Anda bersedia mendengar apa pun tentang perasaannya. Katakan bahwa Anda akan mendampinginya di saat ia gembira, takut, marah, maupun sedih. Hal ini akan membantu penderita kanker menghadapi kecemasan dan depresi serta meningkatkan kualitas hidupnya. Mintalah juga anggota keluarga lain untuk saling memperhatikan agar kecemasan Anda pun akan berkurang seperti yang dirasakan penderita.

 

Berkonsultasilah dengan dokter tentang ketakutan yang berhubungan dengan medis, seperti rasa nyeri atau kemungkinan lain yang dapat membuat penderita merasa lebih nyaman. Anda atau orang lain yang dekat dengan penderita sebaiknya menemani penderita saat menemui dokter. Kehadiran Anda akan menenangkan dan membantu mengingat gejala atau masalah yang ingin ditanyakan.

About author

No comments

Vaksinasi HPV

Tentang HPV   Virus HPV (Human Papilloma Virus) adalah penyebab Penyakit Menular Seksual (PMS) yang dihubungkan dengan kondiloma akuminata (kutil kelamin). Virus ini juga berkaitan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann