Checklist Kecemasan

0

Dalam suatu penyakit yang penuh dengan tekanan seperti kanker, Anda sebagai orang yang dekat dengan penderita sering menjadi cemas. Anda mungkin takut terhadap apa yang akan terjadi, khawatir akan penyakit orang yang Anda sayangi, dan juga khawatir terhadap kemampuan Anda sendiri untuk tetap memperhatikan dan merawat penderita. Hal ini adalah reaksi normal yang dapat berlangsung mulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Namun kecemasan yang jauh lebih sering perlu segera diatasi.

 

Apakah Anda mengetahui bahwa sebenarnya rasa cemas dapat dikendalikan dan diatasi sehingga orang dapat menikmati hidup lagi? Berikut adalah beberapa gejala dari kecemasan yang perlu diatasi.

 

  • Anda merasa lebih mudah lelah, serta memiliki kesulitan untuk tidur.
  • Tubuh Anda terasa tegang.
  • Anda memiliki banyak pikiran yang mengganggu.
  • Anda tidak dapat mengontrol berapa lama yang Anda habiskan untuk khawatir.
  • Anda sering merasa sakit dan nyeri yang tidak dapat digolongkan dalam penyakit secara fisik.
  • Anda mudah tersinggung.
  • Anda sering marah yang tidak biasanya.
  • Anda menjumpai diri Anda sering terguncang dan terkejut.
  • Anda mengalami dada berdebar, mulut kering, keringat berlebih, atau menjadi sesak nafas.
  • Anda merasa bahwa akan terjadi hal yang buruk (meskipun tak ada seorangpun yang menceritakan hal buruk tersebut kepada Anda).

 

Beberapa kecemasan adalah hal wajar bagi Anda jika orang yang Anda sayangi menderita kanker dan terkadang Anda akan mengalami 1 atau 2 gejala tersebut di atas. Anda mungkin ingin membicarakannya dengan teman, keluarga, atau dokter. Beberapa orang merasa terbantu dengan mendapatkan informasi tentang bagaimana menjadi seseorang yang hidup dengan penderita kanker.

 

Bagaimanapun juga, penting untuk menghubungi dokter jika kecemasan Anda terasa kuat, jika Anda berpikir tentang hal yang menakutkan, atau jika kebiasan hidup sehari-hari Anda terganggu. Tanda lain Anda memerlukan bantuan jika kecemasan tersebut tidak hilang setelah lebih dari 2 minggu. Jika Anda memiliki gejala seperti tersebut di atas, sebaiknya Anda menemui dokter, perawat, pekerja sosial, atau mereka yang profesional dalam menangani kanker.

 

Setelah menemui dokter, mungkin Anda akan segera merasa lebih baik karena kecemasan dapat ditangani. Kebanyakan orang kemudian akan menyesal mengapa mereka menunggu lama untuk mencari bantuan. 

About author

No comments

Pencegahan

Kanker serviks sebagai penyebab kematian pertama wanita di Indonesia karena kanker patut kita waspadai. Oleh karena itu diperlukan tindakan pencegahan yang harus dilakukan dan diketahui ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann