Cebok

0

DEFINISI CEBOK

Cebok adalah tindakan membersihkan (membasuh) dubur atau kemaluan setelah buang air. Cebok penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Cebok yang bertujuan membersihkan dubur dapat dilakukan dengan menggunakan kertas (dan bahan sejenis kertas) atau air. Selain itu, di beberapa kebudayaan, cebok juga dapat dilakukan dengan menggunakan batudaunkain lap, dan lain-lain.

SEJARAH CEBOK

·      Kertas

Penggunaan kertas dan bahan lain yang menyerupai kertas untuk cebok pertama kali ada di Cina. Kebiasaan ini kemudian menyebar ke Barat. Di beberapa tempat, terutama di wilayah-wilayah di mana tissue toilet belum tersedia, korandirektori telepon, dan produk kertas lainnya juga biasa digunakan. Meskipun dapat menyebabkan toilet tersendat, penggunaan koran dan kertas lain masih sering digunakan sebagai alat cebok di sebagian Afrika karena—meskipun telah tersedia—harga tisu toilet belum dapat dijangkau.

•     Air

Cebok menggunakan air umum dilakukan di Eropa, sebagian besar Amerika Selatandunia Muslimsubkontinen India dan Asia Tenggara, di mana orang menggunakan tangan kirinya untuk cebok dan tangan kanan untuk makan atau bersalaman.

Di negara dengan mayoritas agama Islam, penggunaan air untuk cebok terkait dengan adanya syariat yang menganjurkan menggunakan air untuk membersihkan semua kotoran, termasuk setelah buang air. Banyak orang di Asia Selatan dan Timur Tengah yang memilih menggunakan air karena kurang yakin akan keefektifan tissue toilet dalam membersihkan kotoran. Penggunaan air untuk cebok biasanya juga dilengkapi dengan penggunaan sabun.

TIPS CARA CEBOK YANG BAIK

 

MEMILIH TOILET

Sebisa mungkin pilihlah toilet jongkok untuk menghindari kontak dengan dudukan toilet yang sangat mungkin terpapar bakteri, virus, maupun parasit lainnya. Bila terpaksa menggunakan toilet duduk, khususnya di tempat-tempat umum, gunakanlah terlebih dahulu cairan pembersih toilet yang umumnya mengandung antiseptik serta tisu untuk membersihkan area toilet yang akan bersentuhan dengan kulit. Cairan pembersih ini umumnya sudah banyak tersedia di pasaran, baik dalam bentuk spray maupun sediaan lainnya, bahkan beberapa toilet umum pun sudah ada yang menyediakan cairan pembersih toilet. Atau saran dari Bidadari, lakukanlah Standing Pee Ananto, selain menghindarkan kita dari kontak dengan toilet, juga mengurangi paparan air kencing ke lubang vagina.

PENGGUNAAN AIR

·      Selalu gunakan air bersih untuk membersihkan baik area genital maupun area dubur. Usahakan untuk tidak menggunakan air yang ditampung di bak air maupun ember, terutama ketika menggunakan toilet umum. Gunakanlah air mengalir baik dari shower maupun dari keran. Yang terbaik untuk membersihkan organ intim, khususnya area vulva adalah menggunakan air yang telah disaring supaya tidak mengiritasi.

·      Jangan pernah gunakan air panas pada daerah genital untuk menghindari terjadinya kekeringan yang berlebihan dan iritasi yang menyebabkan luka. Anda dapat mandi dengan air sepanas apapun, namun gunakan air hangat ketika membersihkan daerah genital.

·      Jangan gunakan aliran air yang kuat dan langsung pada vagina karena akan menghilangkan lubrikan pelindung dan memasukkan bakteri berbahaya serta menyebabkan inflamasi.

  PENGGUNAAN TISU TOILET

   Yang terbaik tetaplah gunakan air untuk membersihkan organ intim maupun area dubur. Gunakanlah tisu hanya untuk mengeringkan dan bukan sebagai pengganti air. Ketika mengeringkan dengan tisu pun harus hati-hati, karena seringkali sisa tisu toilet yang tertinggal di area organ intim secara tidak disadari malah dapat memicu terjadinya keradangan. Cara yang paling baik adalah dengan tetap menggunakan air bersih dan akhiri dengan mengeringkan area vagina dengan menggunakan handuk lembut, bersih, dan kering dengan cara ditepuk-tepuk dan bukan dengan digosok. 

  PENGGUNAAN SABUN DAN CAIRAN ANTISEPTIK

    Sabun yang mengandung antiseptik memang sebaiknya digunakan untuk membersihkan area dubur, namun tidak untuk area genitalia. Penggunaan sabun akan mengiritasi dan mengeringkan mucus disekitar vulva sedangkan sabun antiseptik akan membunuh semua bakteri, bukan hanya yang berbahaya. Gunakanlah cairan antiseptik vagina hanya bila didapatkan keluhan, misalnya keputihan, atau sesuai petunjuk dokter. Penggunaan cairan antiseptik pada vagina secara berlebihan, terutama yang tidak memiliki pH balanced, akan mengakibatkan perubahan pada pH vagina yang menyebabkan bakteri-bakteri yang normal tumbuh di vagina mati, dan akhirnya malah timbul keluhan-keluhan seperti keputihan.

PERHATIKAN KEBERSIHAN TANGAN

    Selalu perhatikan kebersihan tangan saat akan cebok. Jangan menyentuh organ intim dengan tangan yang masih kotor. Jangan juga membersihkan vulva dan vagina langsung dengan tangan yang habis digunakan untuk membersihkan area dubur. Cara yeng terbaik adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah cebok, serta setelah membersihkan dubur dan akan membersihkan organ intim.

PERHATIKAN ARAH CEBOK

    Bersihkan area genital dari depan ke belakang untuk menghindari perpindahan bakteri dari dubur ke vagina, baik saat menyiram, membersihkan, maupun mengeringkan. Sebisa mungkin juga bersihkan dari arah dalam ke luar, dan bukan sebaliknya, untuk menghindari perpindahan bakteri dari bagian luar organ intim ke dalam.

TIPS LAIN

·      Saran dari Bidadari untuk menjaga kesehatan organ intim adalah dengan melakukan Standing Pee Ananto, Vagina Toilet Ananto, dan Valeri Ananto.

·      Usahakan untuk mengajarkan cara cebok yang benar pada anak anda, khususnya ketika anda memulai toilet training.

 

AKIBAT CARA CEBOK YANG SALAH

    Cara cebok yang salah dapat mengakibatkan terjadinya banyak hal, mulai dari infeksi saluran kemih, infeksi organ kewanitaan yang menimbulkan keluhan keputihan, bahkan dapat menjadi salah satu faktor resiko terjadinya kanker serviks. Karena itu, perhatikanlah apakah cara cebok anda sudah benar, perhatikan juga kebersihan organ intim anda, dan segeralah berkonsultasi pada dokter bila memiliki keluhan.

About author

No comments

Cara untuk Merespon (Overview)

Ketika Anda harus bertemu dengan penderita kanker dan berkomunikasi dengannya, mungkin timbul beberapa pertanyaan dalam benak Anda. Apa yang harus Anda katakan kepada penderita kanker ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann