Cantik Namun Berbahaya Bagi Kesehatan

0

Perempuan selalu ingin terlihat cantik dan seksi. Tak heran mereka terus menerus menggunakan beragam atribut yang ternyata bisa membahayakan kesehatan.

Allwomanstalk melansir beberapa atribut fesyen yang bisa merusak kesehatan tubuh.

1. Sepatu stiletto

Hak tinggi, memang bisa membuat kaki pemakainya terlihat indah dan seksi. Namun para ilmuwan menyebutkan bahwa bila sering digunakan, sepatu berhak tinggi bisa menjadi penyebab utama masalah pada kaki.

“High heels bisa menjadi pemicu rasa sakit dan nyeri pada kaki. Kondisi tersebut dapat bertambah parah jika mengenakan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama,” ungkap para ilmuwan, seperti dilansir Women’s Health.

Bahkan, menurut penelitian dari University of East Anglia, high heels bisa sebabkan perubahan bentuk telapak kaki karena tendon kaki melemah akibat protein alami dalam tubuh.

2. Tas terlalu besar dan berat

Kebiasaan membawa banyak barang di tas tangan, ransel atau tas kantor berukuran besar dan berat ternyata bisa mengganggu anatomi tubuh.

Sudah banyak jumlah wanita yang mengeluhkan sakit akibat membawa tas yang terlalu berat. Rasa sakit umumnya dialami pada bahu, punggung bagian bawah, leher, kepala bahkan ngilu pada persendian.

Ahli Bedah Ortopedi Dr Ashish Phadnis mengatakan, membawa beban berat di punggung dapat mengakibatkan berbagai penyakit di sekitar tulang punggung. Salah satunya adalah postur membungkuk, sakit punggung, ketegangan otot dan terkilir.

3. Pakaian seksi yang ketat

Saat korset ketat menjadi tren, banyak wanita yang rela mengenakannya walaupun tahu hal itu berbahaya. Akibatnya, tak sedikit wanita yang jatuh pingsan karena sesak nafas.

Dr Oz, seorang ahli bedah yang menjadi pembicara di talk-show Oprah Winfrey, mengatakan bahwa pakaian terlalu ketat dapat menyebabkan masalah pencernaan dan sembelit. Selain itu, pakaian ketat bisa menyebabkan nyeri perut dan kram.

4. Flats shoes

Sepatu datar ternyata jika sering digunakan juga bisa menimbulkan masalah pada kaki.

“Sepatu flat juga sering dibicarakan merupakan model yang aman dan sehat untuk kaki. Tetapi kenyataannya adalah bahwa sebuah sepatu flat balet atau kanvas kasual sekalipun dapat menyebabkan masalah pada kaki. Sehingga tidak semua sepatu flats dapat memberikan dukungan yang baik untuk kaki,” kata Megan Leahy, DPM, ahli penyakit kaki dan tulang dari Illinois Bone and Joint Institute, Chicago.

5. Bra

Pakar lingerie menjelaskan bahwa 75% wanita mengenakan ukuran bra yang salah. Ukuran yang terlalu besar tidak bisa mendukung bentuk payudara dan dapat menyebabkan rasa sakit serta tegang pada punggung dan dada.

6. Bahan pakaian yang mengandung larutan

Penyakit kulit seperti ruam dan iritasi lainnya bisa terjadi dari pakaian yang diproduksi dengan bahan pewarna yang mengandung formaldehida. Sebaiknya mencuci terlebih dahulu pakaian baru sebelum dikenakan.

7. Celana jins ketat

Archives of Internal Medicine mencatat jins ketat model pipa menyebabkan kompresi syaraf dan mengganggu sistem pencernaan. Pasien berusia 20-25 menderita ketidaknyamanan perut, seperti kembung dan mulas.

Diagnosis dapat dibuat dengan mudah di kantor dengan membandingkan ukuran celana panjang dan lingkar perut. Sedangkan pada perempuan akan menyebabkan infeksi jamur yang muncul di sekitar paha. (dne)

About author

No comments

Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Kanker payudara menjadi penyakit yang sangat dikhawatirkan oleh para kaum wanita walaupun sebenarnya kanker ini juga bisa menyerang kaum pria. Akan tetapi, prosentasi terjadi kanker ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann