Berobat Jalan

0

Kemajuan dalam deteksi dini dan pengobatan menyebabkan  orang-orang yang menderita kanker dapat disembuhkan. Namun dokter tidak pernah dapat menentukan apakah kanker tersebut tidak akan kembali. Sel kanker yang tidak terdeteksi masih dapat tinggal dalam tubuh seseorang setelah terapi. Sekalipun kanker tersebut kelihatannya sudah dapat diatasi seluruhnya, kanker tersebut dapat kembali lagi. Dokter menyebutnya kekambuhan.

Untuk mencari tahu apakah kanker tersebut kembali, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium, x-ray, dan tes lainnya. Jika seseorang mengalami kekambuhan, dokter akan memutuskan tujuan dari terapi terbaru dan rencana terapi tersebut.

Selama pemeriksaan follow up, dokter dapat juga memeriksa masalah-masalah lain, seperti efek samping dari terapi yang telah dijalani, yang biasanya muncul akibat terapi yang dilakukan jangka panjang. Pemeriksaan-pemeriksaan yang dijalani ini dapat dilakukan dengan cara berobat jalan dan tidak perlu untuk rawat inap.

Tips: penderita disarankan untuk melakukan follow up dengan teratur, sehingga keadaan penderita dapat diawasi oleh dokter.

About author

No comments

Tindakan Selanjutnya

Seorang wanita dengan hasil pap smear normal sebaiknya rutin melanjutkan skrining pap smearnya. Bila hasilnya sel atipik (tidak jelas normal atau abnormal), pap smear akan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann