Beritahu Keluarga dan Teman

0

Keberanian dan kejujuran seseorang untuk menceritakan penyakitnya kepada orang di sekitarnya seringkali dapat membantu untuk menciptakan hubungan dan komunikasi yang lebih kuat dan baik. Membuka kesempatan bagi orang-orang di sekitar anda untuk menunjukkan dukungan dan perhatian mereka.

 

Persiapkan diri anda sebaik-baiknya sebelum anda menceritakan penyakit anda. Pikirkan perasaan anda, alasan anda menceritakan dan apa yang anda harapkan sebagai respon. Bersiaplah terhadap segala kemungkinan. Saat anda menceritakan informasi ini, keluarga dan teman-teman anda dapat memperlihatkan perasaan yang berbeda-beda. Seringkali mereka juga membutuhkan dukungan saat itu. Mereka dapat menunjukkan perasaan mereka atau berpura-pura untuk menutupi perasaan mereka yang sebenarnya. Sebagian dapat memberikan dukungan dan mau untuk membicarakan penyakit anda, namun ada pula yang cenderung untuk menghindarinya atau bahkan memilih untuk menjauh dari anda. Semua itu adalah hal yang normal. Dibutuhkan waktu untuk anda dan orang sekitar anda untuk dapat menerima dan nyaman tentang keadaan ini. Namun percayalah dengan berjalannya waktu, sebagian besar orang akan perlahan-lahan memberikan perhatian, perhatian dan persahabatannya.

 

Seringkali setelah mengetahui tentang penyakit anda, mereka akan menawarkan bantuan kepada anda. Jangan ragu untuk menerimanya. Bila perlu buatlah daftar apa yang anda butuhkan dan dengan cara apa mereka dapat membantu anda. Apabila respon dari orang sekitar anda terasa mengganggu, jangan ragu untuk memperbincangkannya dengan mereka. Ajari mereka tentang respon apa yang anda harapkan dan butuhkan. Ingatlah tekankan kejujuran tentang apa yang kalian rasakan. Dengan kejujuran, akan lebih mudah bagi anda untuk berbagi dan berdiskusi tentang harapan dan rencana di masa depan. Bila memungkinkan nikmatilah hobi anda. Jangan ragu untuk mengajak orang di sekitar anda untuk melakukannya.

 

Membicarakan tentang penyakit anda tidaklah terbatas hanya kepada orang dewasa. Anak-anak perlu tahu tentang keadaan anda. Libatkanlah mereka untuk memberikan perhatian pada anda. Tindakan menyembunyikan informasi ini, seringkali dapat membuat anak-anak berada dalam kondisi tertekan dan stres tanpa tahu penyebabnya. Mereka akan curiga bahwa ada sesuatu yang disembunyikan dari mereka.

 

Berbicara dengan anak-anak tentulah berbeda dari orang dewasa. Anak-anak belum sepenuhnya mengerti tentang apa yang mereka dengar dan mereka mudah dipengaruhi oleh teman-teman mereka. Berilah anak-anak sejumlah kecil informasi yang dapat mereka pahami, seperti ?Dokter mengatakan saya mengidap penyakit kanker. Mereka berusaha untuk menyembuhkanku. Oleh karenanya saya harus sering menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan. Terkadang saya juga akan merasa lelah karena pengobatan itu. Mungkin ini akan menyita waktuku bermain bersamamu. Tetapi saya akan selalu disini bersamamu dan sayapun sangat mencintaimu.? Beri mereka waktu untuk mencernanya dan mengajukan pertanyaan. Dengarkan mereka. Bantu mereka untuk menunjukkan perasaannya dan yakinkan mereka bahwa anda mencintai mereka. Bila anda memang tidak sanggup untuk melakukannya, tidak ada salahnya untuk meminta orang dekat anda untuk melakukannya.

 

Satu hal yang perlu diingat. Cobalah untuk melalui hidup anda senormal mungkin. Perlakukanlah orang di sekitar anda senormal mungkin. Laluilah waktu-waktu anda bersama mereka. Dan ijinkan mereka untuk menunjukkan dukungannya pada anda.

About author

No comments

Kontrol Berat Badan Anda

Kebanyakan yang terjadi pada penderita kanker, yang terjadi adalah penurunan berat badan (kakeksia) sebagai akibat efek samping pengobatan (mual/muntah, kehilangan nafsu makan) atau pun karena ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann