Berapa Banyak Kecemasan yang Normal Jika Anda Menghadapi Kanker?

0

Penderita kanker dapat merasa cemas, takut, dan gugup. Respon ini masih normal jika berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu. Tetapi kecemasan yang berlebihan sampai melebihi normal dapat menyebabkan anda tidak bisa melakukan hal yang penting bagi anda. Apakah anda tahu bahwa kecemasan dapat diobati sehingga anda dapat menikmati kembali kehidupan anda?

 

Di bawah ini adalah beberapa gejala kecemasan yang berlebihan:

  • Tubuh anda terus-menerus tegang
  • Pikiran yang terus-menerus berlomba-lomba
  • Anda tidak bisa mengontrol berapa lama waktu yang anda habiskan untuk merasa cemas
  • Anda lekas marah setiap saat
  • Anda mendapati diri anda gemetar atau menggigil
  • Anda mendapati jantung berdebar-debar, mulut kering, keringat berlebihan, atau sukar bernafas
  • Anda berharap yang terburuk akan terjadi ( walaupun tidak ada yang mengatakan pada anda hal tersebut )

 

Beberapa orang menyadari bahwa satu atau dua gejala di atas muncul setelah mereka menyadari menderita kanker. Jika anda mengalami gejala-gejala di atas, anda dapat menyampaikannya pada dokter, perawat maupun tim medis yang membantu anda. Carilah bantuan dalam mengatasi kecemasan agar ia tidak mencegah anda merasa lebih baik. Temui dokter apabila anda tidak bisa mengatasi kecemasan tersebut, tidak mengiginkan pengobatan, atau tidak mau datang memenuhi janji periksa. Mencari bantuan ke dokter bukan berarti anda mempunyai sakit jiwa. Stres karena menderita kanker telah menyebabkan kecemasan yang berlebihan bagi banyak orang. Setelah menemui dokter, anda akan cepat merasa lebih baik karena kecemasan tersebut dapat diobati. Orang-orang kadang merasa terkejut dengan besarnya perbaikan yang mereka alami, dan bertanya-tanya mengapa mereka menunggu sekian lama untuk mencari pertolongan.

About author

No comments

Senyumlah Walaupun Sakit Gigi

Anda tentu pernah sakit gigi, entah itu saat masih kecil, remaja ataupun dewasa. Ketika sakit gigi itu datang perasaan anda akan bercampur aduk antara marah, ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann