Bau Mulut…Malu bicara

0

mengatasi-bau-mulutAnda pasti enggan untuk berkomunikasi dengan orang sekitar. Penyebab faktornya adalah bau mulut. Yups, siapapun pasti tak  nyaman dengan keadaan ini. Taukah anda apa penyebab dari bau mulut? Bau mulut atau istilah kedokteran giginya adalah halitosis merupakan bau yang timbul akibat proses bakteri di dalam mulut. Komponen utama bakteri yang menyebabkan bau mulut adalah hidrogen sulfida dan merkaptan.

Penyebab itu terjadi antara lain :

  1. Adanya penyakit jaringan pendukung gigi
  2. Aliran air ludahnya kurang
  3. Tambalan yang tidak tepat
  4. Kumpulan bakteri yang berlebihan di lidah
  5. Gigi tiruan yang tidak bersih
  6. Sisa makanan yang terdapat di saku gusi
  7. Adanya penyakit sistemik
  8. Konsumsi obat tertentu
  9. Gangguan pencernaan

Anda akan berusaha untuk mencegah bau mulut itu terjadi. Bagaimanakah cara pencegahannya? Simak tips berikut ini :

1.Menggosok Gigi

Gosok gigi secara rutin dan teratur pada saat bangun tidur dan sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluor. Gosok gigi secara benar supaya tidak infeksi terhadap gusi. Usahakan untuk menggosok langit-langit mulut dan lidah kita. Karena disitulah bagian sisa-sisa makanan masih meninggalkan bekas.

2. Hindari konsumsi makanan yang berbau dan manis

Usahakan menghindari makanan yang berbau seperti jengkol atau petai, durian, bawang dan makanan lain yang mengandung bau tak sedap. Dan kurangi makanan dan minuman manis saat makan utama. Karena hal ini akan mencegah terjadinya gigi berlubang yang dapat menimbulkan bau mulut.

3 Konsumsi makanan berserat

Untuk merangsang aliran air ludah dengan cara banyak makan buah yang berserat, sayuran hijau dan makanan yang mengandung probiotik. Banyak mengkonsumsi air mineral yang untuk menjaga stabilitas air dalam tubuh agar tubuh tetap segar.

4. Merokok

Mengurangi kebiasaan buruk merokok dan minuman beralkohol, karena hal tersebut dapat memperburuk kebersihan mulut. Yang dapat mempengaruhi produksi air liur dan mempercepat berkembangnya bakteri dalam mulut. Rokok dan alkohol juga tidak baik untuk kesehatan.

5. Kedokter gigi

Rutin kedokter gigi untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan karang gigi. Serta memperbaiki dan melakukan penambalan untuk gigi yang berlubang.

6. Gangguan pencernaan

Jika anda mempunyai radang sinus yang menahun, penyakit gangguan pencernaan, atau diabetes segera konsultasi kedokter spesialis yang berkompeten, untuk segera dilakukan perawatan.

Sekarang anda akan terbebas dari bau mulut !

About author

No comments

Vagina Buatan

Operasi ini dilakukan pada pasien dengan kanker serviks yang recurrent / kambuh kembali setelah diterapi. Biasanya dilakukan setelah eksenterasi pelvis bersamaan dengan rekonstruksi pelvis. Flap ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann