Anak-Anak

0
  1. Hindari trauma pada payudara

Trauma pada payudara sekecil apapun jika terakumulasi bisa menyebabkan kerusakan sel payudara dan yang paling menakutkan adalah perubahan menjadi  kanker

  1. Tidak kegemukan

Para ahli berpendapat lemak yang menumpuk akan mempengaruhi hormon yang pada akhirnya membuat sel-sel tumbuh menjadi tidak normal dan menjadi kanker.

  1. Mengkonsumsi sayur, buah-buahan, ikan produk kedelai

Sejumlah penelitian menunjukkan konsumsi buah-buahan dan sayuran bisa menurunkan risiko kanker payudara. Pasalnya, makanan dari tumbuhan kaya dengan nutrien antioksidan yang mencegah kerusakan sel-sel yang bisa menyebabkan kanker. Usahakan untuk mengonsumsi paling sedikit 5 porsi buah-buahan atau sayuran per hari.

Makanan-makanan yang berasal dari kedelai banyak mengandung estrogen tumbuhan (fito-estrogen). Seperti halnya tamoksifen, senyawa ini mirip dengan estrogen tubuh, tapi lebih lemah. Fito-estrogen terikat pada reseptor sel yang sama dengan estrogen tubuh, mengikatnya keluar dari sel payudara sehingga mengurangi efek pemicu kanker payudara.  Selain menghalangi estrogen tubuh untuk mencapai sel reseptor, makanan berkedelai juga mempercepat pengeluaran estrogen dari tubuh.

  1. Tidak terpapar radiasi

Eksposur dengan radiasi ionisasi selama atau sesudah pubertas meningkatkan terjadinya risiko kanker payudara

  1. Periksa segera begitu ditemukan kelainan/nyeri dan berobat tuntas sampai dinyatakan sembuh oleh dokter

About author

No comments

WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann