Alkohol dan Merokok

0

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok telah dikenal sebagai pemicu timbulnya kanker, termasuk juga kanker payudara. Menurut penelitian terhadap 180.000 wanita yang dilakukan NIH-AARP Diet and Health Study, konsumsi alkohol 3 gelas atau  lebih dalam sehari dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara sampai dengan 50%.

 

Alkohol yang dikonsumsi akan dimetabolisme di dalam tubuh oleh suatu enzim yang disebut enzim alkohol dehidrogenase (ADH). ADH ini akan mengubah alkohol menjadi asetaldehida yang bersifat karsinogenik pada percobaan binatang.

 

Sedangkan kebiasaan merokok ditengarai memang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara tetapi tidak berhubungan secara langsung. Tembakau dalam rokok dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi wanita. Wanita yang merokok cenderung menjadi lebih tidak subur dan sulit hamil. Selama masa kehamilan, wanita tidak akan mengalami ovulasi. Penekanan ovulasi inilah yang dianggap mempunyai hubungan dengan rendahnya kanker payudara karena hormon-hormon seks dalam tubuh akan berubah kadarnya. Hormon estrogen akan menurun dan seperti sudah diketahui bahwa hormon estrogenlah yang memicu timbulnya kanker payudara.

About author

No comments

Merokok

Berhenti atau tidak merokok menurunkan risiko seseorang untuk menderita kanker paru. Jika orang yang berhenti merokok mengkonsumsi sayur-sayuran 4 porsi atau lebih/minggu, maka penurunan risiko ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann