Alkohol dan Merokok

0

Terdapat beberapa mekanisme yang mungkin menyebabkan terjadinya efek karsinogenik karena konsumsi alcohol. Acetaldehyde, produk dari metabolism alcohol, jika terkonsentrasi dalam jumlah yang banyak dapat merusak sel DNA. Dan jika bereaksi dengan polyamines akan membentuk DNA mutagenic.alcohol juga dapat menjadi solvent (pelarut) karsinogen lain, misalnya rokok sehingga menghasilkan spesies oksigen dan nitrogen yang reaktif dan mengganggu metabolism foalan/mikronutrien lain.

 

Wanita yang merokok selain dipengaruhi durasi, intensitas dan paparan terhadap asap rokok memiliki resiko terkena kanker serviks lebih tinggi 4x dibandingkan pada wanita bukan perokok. Hal ini disebabkan karena komponen berbahaya  dari rokok ditemukan di cairan mucus serviks dan memicu perkembangan abnormal dari sel serviks yang terinfeksi virus.

Karena itu sebaiknya berhenti merokok dan dan hindari menjadi perokok pasif

About author

No comments

Vaksinasi

Vaksinasi untuk kanker menurut Cancer National Institute, terbagi menjadi dua macam yaitu Therapeutic Vaccine dan Prophylactic vaccine. Dua macam vaksin tersebut diharapkan mampu mengurangi pertumbuhan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann